Selamat Datang di Blog Sharing For Good - Jangan Lupa Follow dan Share Ke Yang Lain. Selamat Membaca?

Pages

May 28, 2016

Para Sahabat Nabi Di Mata Ahlu Sunah

Sahabat Nabi Di Mata Ahlu Sunah Wal Jamaah


Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah (selanjutnya disingkat Syaikhul Islam) berkata, "Di antara prinsip-prinsip dasar Ahlussunnah wal Jamaah adalah kebersihan hati dan lisan mereka terhadap para sahabat Nabi."

Yang dimaksud dengan kebersihan hati dan lisan Ahlussunnah wal Jamaah terhadap para sahabat Rasulullah adalah kebersihan hati mereka dari perasaan benci, iri, dengki, dongkol, dan tidak suka. Begitu pula, kebersihan lisan mereka dari segala ucapan yang tidak pantas ditujukan kepada para sahabat.

Hati Ahlussunnah penuh dengan rasa cinta, penghormatan, dan pengagungan para sahabat Rasulullah sesuai yang menjadi hak mereka. Dengan demikian, Ahlussunnah mencintai dan mengutamakan para sahabat melebihi seluruh manusia karena mencintai mereka adalah wujud dari rasa cinta kepada Rasulullah, dan cinta kepada Rasulullah merupakan wujud rasa cinta kepada Allah.
Sikap Ahlussunnah yang demikian itu dilatarbelakangi oleh perkara-perkara yang berikut:

  1. Para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah generasi terbaik dari seluruh umat, sebagaimana telah dijelaskan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dengan sabdanya, "Sebaik-baik kurun (generasi) adalah kurunku (Sahabat) kemudian yang sesudahnya (Tabi'in) kemudian yang sesudahnya (Tabi'ut Tabi'in)." (HR.Bukhari [2509], Muslim [2533], dan Tirmidzi [3859])
  2. Para sahabat adalah penyambung Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dengan umatnya karena umat ini menerima syariat dari mereka yang telah menerimanya langsung dari Rasulullah.
  3.  Kemenangan dan perluasan wilayah kaum muslimin yang besar adalah karena keberhasilan para sahabat.
  4. Para sahabat telah menyebarkan di tengah-tengah umat ini berbagai macam keutamaan seperti kejujuran, nasihat, akhlaq, adab-adab yang itu semuanya tidak didapati pada selain mereka.
Untuk lebih jelasnya silahkan Download eBook di bawah ini :

http://adf.ly/1agJ0q

Download Alternative

http://downloads.ziddu.com/download/25420572/sahabat_nabi_di_mata_ahlussunnah.pdf.html


NB : Sebelum menuju link download klik SKIPAD untuk melanjutkan download.
Terima kasih, semoga bermanfaat...?
Sumber : http://muslim.or.id

0 Comment:

Post a Comment

please write your comment in this post..

Baca Juga..?